5 Tips Ngontrak Bareng Temen Saat di Perantauan

Kalian mahasiswa atau seorang dan mencari uang ditanah orang? Pastinya kalian sudah tidak asing lagi dong sama yang namanya ngontrak atau ngekos? Secara umum pengalaman dibidang tersebut udah banyak banget. Nah, Artikel kali ini saya tulis lebih untuk ke mahasiswa baru (maba) atau yang baru kenal dengan dunia rantau, pengen coba-coba ngontrak bareng teman. karena umumnya kalau ngontrak bareng teman pasti ada aja masalah yang bikin satu kontrakan jadi pecah.
Gambar - 5 Tips Ngontrak Bareng Temen Saat di Perantauan

Oleh sebab itu, 5 tips ini bakalan bikin kalian dan temen-temen kalian lebih awet dan gak bakal ada masalah. Yuk, kita lngsung ke tipsnya langsung!

1. Cari Temen yang Satu Pemikiran

Ini yang paling penting, dan harus kalian lakukan jika kalian punya niatan untuk ngontrak diperantauan. Soalnya, teman yang punya satu pemikiran dengan kita akan lebih mudah untuk menyatu dan enak untuk diajak kerja sama. Misalnya, kalian punya pemikiran kalo tidak perlu membersihkan kontrakan setiap hari, cukup dengan seminggu sekali. Tapi teman kalian yang satunya ingin setiap hari harus membersihkan kontrakan supaya bersih, soalnya teman kalian itu perfeksionis. Nah, kan bisa bahaya bukan?

Oleh sebab itu, Carilah teman yang satu pemikirannya sama kaya kalian! Biar lebih asik dan nyambung juga kalo diajak ngobrol.

2. Tentukan Jadwal Piket

Poin kedua ini juga tidak kalah penting, contohnya kalian tinggal dikontrakan 5 kamar dan otomatis pasti kalian punya 4 orang teman lainnya yang juga tinggal disatu rumah tersebut? Iritologi, biasanya seperti itu anak rantau.

Biar kalian tidak makan hati setiap hari, lebih baik kalian tentukan dan buat jadwal piket setiap harinya. Jadi semua yang tinggal dikontrakan tersebut akan dapat jatah kerj auntuk bersih-bersih, dan tidak hanya jadi bos saja didalam kontrakan. Poin ini bisa dibuat jadwal membersihkan kontrakan bareng-bareng. Ya, sejenis sistem gotong royong. Misalkan seminggu dua kali, kalian punya kesepakatan untuk sama-sama membersihkan halaman rumah, kamar, ruang tamu, kamar mandi, dan lain-lainnya. Jadi kebersamaan dan kekompakannya akan terus awet tanpa pecah.

3. Jika Ada Unek-unek Obrolin Secara Langsung

Hal ini yang biasanya buat suatu pertemanan didalam kontrakan menjadi pecah! Contohnya kalian ada rasa tidak suka sama salah satu teman kalian, mungkin karna teman kalian tidak pernah ikut kerja bakti kontrakan atau yang disebut piket, atau mungkin karna teman kalian suka hal yang jorok-jorok. Pokoknya kebiasaan yang bikin kalian tidak suka banget.

Nah, jangan suka dipendam didalam hati ataupun diobrolin lagi ke teman kalian yang lainnya dari belakang. Seharusnya kalian langsung memberanikan diri untuk ngomong secara langsung didepan teman yang tidak kalian suka, kalian bisa menasehatinya biar tidak buat ulah yang dibenci sama teman kontrakan yang lainnya.

Pasti semua sudah pada dewasa kan? Dan dengan cara seperti ini, seseorang bisa berubah dari kebiasaan buruk yang tidak kalian suka.

4. Buat Iuran (Kas) Kontrakan

Ini juga tidak kalah pentingnya kok. Usahakan setiap hari kalian selalu mengisi uang kas untuk kontrakan, yang nantinya akan digunakan untuk bayar sesuatu seperti  listrik, air, wi-fi (kalo dikontrakan ada wi-fi), atau kalau kalian ingin masak sendiri kan uang iurannya bisa dibelikan bahan-bahan dapur. Dengan cara seperti ini kalian juga bisa lebih irit lagi, karena diperantauan pasti kalian sering banget kan buat makan diluar? Kalo masak dirumah, pasti lebih irit lagi.

Coba dimulai dari 5-10 Ribu setiap harinya, tidak berat kok. Berikan uang iuran ke teman kalian yang bisa dipercaya, seolah-olah teman kalian itu adalah bendahara di kontrakan kalian.

5. Sering Menyapa dan Interaksi Antar Sesama Penghuni Kontrakan

Poin yang paling penting menurut saya, walaupun 4 poin diatas juga tidak kalah penting. Ini yang sering banget buat perpercahan diantara teman kontrakan. Umumnya sih, orang yang seperti itu yang bikin gak nyaman banget. Oleh sebab itu, usahakan setiap hari kalian selalu sapa menyapa dan berinteraksi. Jangan hanya sekedar basa-basi saja yang tidak (kan kalian satu kontrakan?).

Perbanyak juga ngumpul bareng diruang keluarga ataupun diluar rumah biar kalian tambah kompak, dan membuat orang yang belum satu pemikiran sama kalian bakal berubah. Dengan cara seperti ini dijamin kalian bakal klop dan kompak banget deh!
Nah, setelah kalian baca 5 tips ngontrak bareng teman supaya awet diatas semoga bisa memberikan kalian pelajaran ya. Apalagi buat kalian yang ingin berencana ngontrak, lakukan kelima tips-tips diatas, dijamin pertemanan kalian bakalan langgeng dan kompak terus!

0 Response to "5 Tips Ngontrak Bareng Temen Saat di Perantauan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel