5 Cara Mengatur Keuangan Anak Kost Sejahtera di Akhir Bulan

Hidup ngekos selalu menghadirkan cerita tersendiri. Jika dulu ketika tinggal dengan orangtua, kalian bisa minta uang kapan aja dan berapa saja, tapi saat ngekos uang jajan sudah dijatah. Mau tidak  mau, harus tahu cara menghemat uang bulanan agar tidak sengsara saat akhir bulan.

Sebenarnya sih orangtua tidak bakalan marah kalau uang jajan habis di pertengah bulan. Tapi malu saja, sudah ngekos dan lepas dari orangtua tapi masih belum bisa mengatur uang. Yang ada orangtua malah berpikir sebaliknya dan khawatir sehingga nganggap kalian tidak bisa hidup mandiri.
Gambar - 5 Cara Mengatur Keuangan Anak Kost Sejahtera di Akhir Bulan

Nah, mulai saat ini belajar bagaimana caranya hidup hemat biar kalian tidak merepotkan orangtua lagi. Ini juga bisa jadi bekal kalian dimasa depan nantinya kalau sudah bekerja di masa mendatang. berikut 5 cara menghemat uang jajan saat ngekos.

1. Buat daftar pengeluaran dalam sebulan

Yang pertama, buat daftar pengeluaran yang tidak melebihi uang jajan dari orangtua. Dengan belajar hal ini, kalian berlatih untuk terbiasa mengatur keuangan kalian di masa mendatang nantinya.

Bagaimana cara memulainya? Kalian bisa buat daftar pengeluaran mulai dari yang terpenting sampai hal - hal kecil yang membutuhkan uang untuk membelinya. Segera sisihkan uang untuk hal yang paling penting, misal bayar kos, uang kuliah, listrik, dan belanja bulanan.

2. Jatah uang yang kalian pegang setiap hari

Nah, untuk makan setiap hari, kalian bisa mengatur jatah uang saku yang disimpan dalam amplop ataupun Atm. Jangan lupa juga untuk sisihkan uang operasional seperti uang transportasi yang kalian butuhkan setiap harinya.

Dengan cara seperti ini, kalian bakal meminimalisasi keinginan untuk belanja yang kurang penting. Ini karena uang yang kalian pegang pas-pasan hanya buat hari itu.

3. Cari tempat makan sesuai dengan uang saku

Cara hidup hemat yang satu ini wajib banget untuk kalian coba. Sering kali kalian kehabisan uang di tengah bulan sebenarnya bukan karena belanja. Saat kalian cek lagi barang-barang di kosan, kalian lihat gak ada yang baru dibeli. Lalu ke mana uangnya?

Setelah diintrospeksi, ternyata kalian malah sering makan atau sekadar nongkrong di tempat-tempat yang mahal.

Udah mahasiswa, ngekos, kalian dikasih uang jajan pas-pasan, eh tau-taunya malah makan di tempat yang gak sesuai sama uang saku kalian. Gimana uang saku gak cepat habis kalo seperti itu?

Nah, mulai saat ini, lebih baik selalu menghemat uang saku sejak awal bulan. Anggap awal bulan itu layaknya akhir bulan. harus ingat ketika kalian tidak punya uang saat kalian banyak uang.

Pilih tempat makan yang murah yang sesuai dengan uang saku. Intinya, jangan sampai kalian di akhir bulan harus makan mie instan setiap hari. itu sangat berbahaya.

4. Kumpulkan uang receh

Uang receh memang tidak begitu berharga kalau di awal bulan. Namun, di akhir bulan uang itu ibarat harta karun yang bisa menyelamatkan kalian saat kehabisan uang saku.

Tetapi kali ini, tujuan kalian mengumpulkan uang receh bukan hanya karena kepepet saja. Sebenarnya dengan mengumpulkan uang receh itu adalah bagian dari menabung yang paling kecil.

Kalian belum bisa menabung dalam jumlah yang besar, jadi untuk memulainya coba dari nominal-nominal terkecil. uang seribu rupiah tidak begitu bermanfaat, tetapi kalau dikumpulkan pasti jadi nominalnya besar.

Nah, mulai saat ini jika dapat kembalian receh dari minimarket atau swalayan lainnya, segera tabung. Jangan dibiarkan tercecer dimana-mana suatu saat kalian akan membutuhkan nya.

5. Hindari kegiatan kurang penting

Selain makan yang mahal-mahal, kegiatan kurang penting juga turut membuat uang saku kalian terkikis pelan-pelan namun pasti.

Seperti, nonton bioskop hampir setiap minggu, ikut nongkrong di mall bareng teman-teman, atau jalan-jalan.

Hiburan boleh saja, tapi ada baiknya tidak terlalu sering. Tidak hanya menghabiskan uang saku, waktu kalian juga bakal terbuang sia-sia.

Solusi lainnya, kalian dan teman-teman kalian tidak perlu hang-out, tapi main di kos saja biar lebih hemat. Tetap bisa bareng teman dan uang akan aman.

Demikian artikel kali ini tentang cara menghemat keuangan ala anak kost, semoga bisa membantu kalian yang selalu kehabisan uang dipertengahan bulan. dan bisa menghemat lagi untuk masa depan yang lebih baik. semoga bermanfaat!

0 Response to "5 Cara Mengatur Keuangan Anak Kost Sejahtera di Akhir Bulan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel