5 Cara Hidup Sederhana Patut Anda Tiru Dari Orang Kaya Di Dunia Ini

Sebagian orang kaya tenggelam dalam hidup bergelimbang harta dan penuh kemewahan, tetapi sebagian lainnya justru untuk memilih hidup sederhana dan tak perlu mewah. Padahal kita tahu dengan kekayaan yang mereka miliki, memilih hidup yang serba mewah tentu bukan hal yang sulit.

Mengintip dari perkataan master catur, Charles A. Jaffe, menyatakan “Bukan gaji kamu yang membuatmu kaya, melainkan kebiasaan belanjamu.”  Dengan memilih gaya hidup yang sederhana, tak heran jika sebagian miliader tersebut semakin tajir.
Gambar - 5 Cara Hidup Sederhana Patut Anda Tiru Dari Orang Kaya Di Dunia Ini

Yuk mulai sekarang kita belajar dari pada miliarder dunia, dengan menerapkan cara-cara berikut ini. Tanpa menghabiskan banyak harta untuk hal-hal yang bukan prinsip, kalian bisa hidup sejahtera, lekas mapan dan memiliki keuangan yang terkendali.

1. Tidak malu bawa bekal makanan

Tidak perlu malu bawa bekal makan karena miliarder pendiri DISH Network, Charlie Ergen, saja memilih untuk membawa bekal sendiri dibandingkan harus makan di restoran. Ia sudah terbiasa membawa roti sandwich dan minuman isotonik selama bertahun-tahun.

Membawa bekal makanan dapat menghemat pengeluaran bulanan sampai 50 persen. Coba saja  beli masakan di restoran dan bandingkan dengan pengeluaran jika memasak sendiri dirumah. Dengan nominal yang sama, jumlah yang didapat bisa berbeda sangat jauh.

Selain itu, dengan masak sendiri makanan kalian, kalian juga bisa memastikan nutrisi dan kebersihan setiap makanan yang kalian santap. Kesehatan pun jadi lebih terjaga sehingga tidak perlu mengeluarkan budget buat kunjungan ke rumah sakit/dokter.

2. Lbeih memilih transportasi umum

Ingvar Kamprad yang mendirikan IKEA, memilih untuk naik transportasi umum atau naik mobil tuanya dibandingkan menggunakan mobil mewah untuk aktivitasnya. Bahkan, beliau juga tidak keberatan jika harus duduk di kelas ekonomi jika bepergian menggunakan pesawat. Sama persisnya dengan Jim Walton, pewaris tunggal Walmart, yang juga lebih hobi mengendarai mobil pickup buat transportasi setiap harinya.

Salah satu orang terkaya di India, Azim Premji pun tak jauh bedanya. Selain lebih sering naik bajaj, beliau juga memilih menggunakan mobil bekas atau pesawat kelas ekonomi ketika harus berpergian.

3. Membeli barang lebih ke fungsi bukan gengsi

Mark Zuckerberg sang pendiri Facebook sangat identik dengan fashion celana jeans dan kaos abu-abu. beliau lebih memilih fashion sederhana karena mengutamakan kenyamanan ketimbang mendahulukan penampilan karena gengsi.

Semakin tebal isi rekeningnya, para miliarder ini semakin merasa tidak perlu “menampakannya” kekayaan yang mereka miliki. Oleh sebab itu, para miliader ini memilih barang karena kualitas dan fungsinya, bukan mengutamakan gengsi semata. Bill Gates saja pernah kedapatan menggunakan jam tangan dengan harga Rp 133 ribu rupiah.

4. Irit tapi tetap dermawan

Bill Gates dikabarkan pernah mendonasikan hartanya hingga 32 persen total dari kekayaannya. Dimuat dari Liputan6, ketika total kekayaan Bill Gates mencapai $84,2 miliar, beliau mendonasikan sebesar $27 miliar atau setara dengan Rp 402 triliun. Tidak jauh berbeda, Warren Buffet pun pernah mendonasikan kekayaannya sekitar $ 21,5 miliar atau setara dengan Rp 312 triliun.

Irit bukan berarti pelit. Selain memilih hidup sederhana, para miliarder di ini juga dikenal sangat dermawan. Kekayaan yang terus berlimpah yang mereka miliki tidak cuma bermanfaat bagi diri dan keluarga tetapi juga bagi masyarakat luas yang membutuhkan.

5. Mereka pendukung hidup hemat energi

Para orang kaya lebih menyukai konsep hidup efisien dan hemat energi. Salah satu yaitu orang taipan terkenal asal India, Azem Premji yang mempunyai Wipro Ltd dan kekayaan bersih hingga US$ 16,6 miliar, sering mengingatkan para karyawannya supaya tidak lupa mematikan lampu setelah selesai digunakan. Premji juga sangat menikmati kemana-mana menggunakan pesawat kelas ekonomi dan menyetir mobil bekas.

Nah, mungkin saat ini kalian belum masuk dalam daftar orang terkaya di dunia yang memilih hidup sederhana. Tetapi, tidak ada salahnya untuk memulai kebiasaan yang mereka jalani yang telah dijalankan oleh para miliader superkaya ini.

Demikian artikel kali ini 5 Cara hidup sederhana ala orang super kaya di dunia. semoga bermanfaat dan menginspirasi untuk kalian.

0 Response to "5 Cara Hidup Sederhana Patut Anda Tiru Dari Orang Kaya Di Dunia Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel