Plugin SLiMS 8 Akasia, Grafik Peminjaman Buku Per Bulan dan Per Tahun

Di postingan kali ini, saya mau coba bebagi tentang hasil dari pembuatan plugin untuk SLiMS 8 Akasia, yaitu plugin Grafik Peminjaman Buku Per Bulan dan Per Tahun. Awal pembuatan plugin ini yaitu ketika saya dimita oleh Kepala Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) yaitu ibu Yanti Sundari untuk membuat plugin tersebut, karena perpustakaan membutuhkan informasi yang mudah dilihat tentang seberapa banyak buku yang dipinjam per bulan dan per tahunnya.

Informasi ini juga kerap kali ditanyakan oleh asessor ketika proses akreditasi, baik akreditasi perpustakaan, institusi ataupun akreditasi program studi.
Dengan melihat alur dan kodingan dari plugin Visitor Counter + Statistic, Plugin Statistik Pengunjung untuk SLiMS 8 Akasia yang sebelumnya telah saya kembangkan, akhirnya selesailah dua buah plugin ini.

Untuk instalasinya sangatlah mudah, silahkan saja ikuti petunjuk dibawah ini:
1. Download plugin tersebut disini.
2. Ekstrak file hasil download
3. Copy - paste file loan_chart_by_mounth.php dan file loan_chart_by_year.php ke dalam folder /admin/modules/customs/
4. Masuk ke folder [slims anda]/admin/modules/reporting/, lalu buka file sumenu.php dengan notpade atau text editor lainnya. Sebelum baris ini:
Tambahkan diatas ini
Tambahkan kode menu berikut:

$menu[] = array(__('Grafik Peminjaman Per Bulan'), MWB.'reporting/customs/loan_chart_by_mounth.php', __('Loan chart by mounth'));
$menu[] = array(__('Grafik Peminjaman Per Tahun'), MWB.'reporting/customs/loan_chart_by_year.php', __('Loan chart by year'));

Sehingga hasilnya menjadi seperti ini:
Penambahan sub menu report peminjam buku

Setelah itu, cek apakah submenu reportnya sudah bertambah atau belum, terus grafiknya sudah muncul atau belum. Kalau prosesnya dilakukan dengan benar dan tidak ada kesalahan, maka akan tampil seprti ini:
Sub menu

Grafik Peminjaman Buku Per Bulan

Grafik Peminjaman Buku Per Tahun

Sekian sharing tentang pembuatan plugin Grafik Peminjaman Buku Per Bulan dan Per Tahun untuk SLiMS 8 ini, semoga bermanfaat dan bisa digunakan dengan lancar.
Kalau yang diatas belum ketemu tombol downloadnya, klik dibawah ini:


Anda cukup memasukan Nama Lengkap dan juga Email Aktif untuk masuk ke halaman download dan mendownload pluginnnya.

Kalau sekiranya ada yang masih kurang dimengerti atau tidak bisa melakukan proses download, silahkan tuliskan di kolom komentar.

0 Response to "Plugin SLiMS 8 Akasia, Grafik Peminjaman Buku Per Bulan dan Per Tahun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel