Visitor Counter + Statistic, Plugin Statistik Pengunjung untuk SLiMS 8 Akasia

Beberapa waktu lalu saya diminta untuk menambahkan statistik pengunjung berbentuk grafik batang untuk SLiMS di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), setelah puter-puter di internet ternyata untuk SLiMS 8 belum ada plugin yang sudah dibuat yang sesuai dengan keinginan saya dan keinginan kepala perpustakaan. 

Waktu ini saya hanya menemukan plugin Visitor Report with Chart Js yang dibuat oleh mas Ido Alit, ketika saya download ternyata baru support SLiMS 5dan SLiMS 7, sedangkan Perpustakaan Kampus UMMI menggunakan SLiMS 8.
Untuk plugin visitor report SLiMS 5 dan SLiMS 7 tersebut bisa didownload disini.

Setelah saya coba baca-baca kodingannya, ternyata saya menganggap Visitor Report tersebut bisa diterapkan di SLiMS 8, lalu saya lakukan sedikit modifikasi pada file visitor_report.php di SLiMS 8 dengan menambahkan beberapa baris kode dari Visitor Report yang telah dibuat oleh mas Ido Alit, dan akhirnya jadilah seperti ini:
Grafik Pengunjung SLiMS 8

Di modifikasi dari report awal seperti ini:
Report Pengunjung di SLiMS

Tenang saja, pada plugin yang baru ini tidak menghilangkan report awal yang berbentuk tabel, jadi anda bisa melihat jumlah pengunjung dari grafik dan juga tabel angka.

Dengan plugin visitor statistik ini anda bisa melihat perbandingan jumlah pengunjung perbulannya langsung secara visual, jadi anda bisa menganalisa sebab dan akibat yang menyebabkan pengunjung banyak atau sedikit dalam bula tertentu.
Pada contoh dibawah ini pengunjugn paling banyak datang ke perpustakaan adalah pada bulan oktober.
Grafik pengunjung perpustakaan 
Plugin ini sudah digunakan di Perpustakaan Kampus UMMI dengan lancar, bagi yang berminat menggunakan plugin ini silahkan download di bawah ini:


Sekian informasi mengenai pembuatan Plugin Statistik Pengunjung untuk SLiMS 8 Akasia, semoga bermanfaat bagi semua yang membutuhkannya.
Apabila ada yang hendak ditanyakan, silahkan tuliskan di kolom komentar.

0 Response to "Visitor Counter + Statistic, Plugin Statistik Pengunjung untuk SLiMS 8 Akasia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel