Database SIAK Kampus UMMI Dibackup Otomatis Sehari Dua Kali


Salah satu yang terpenting dari sebuah sistem adalah basis datanya (database), sehingga perlu dilakukan proses pencadangan (backup) yang rutin. 

Kampus Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) mempunyai sistem utama yaitu Sistem Informasi Akademik dan Keuangan (SIAK), yang mana SIAK ini hampir berhubungan dengan semua unit di Kampus UMMI.

Demi menjaga keamanan database SIAK, saya telah membuat sebuah penjadwalan otomatis untuk membackup databse ini secara rutin, adapun database SIAK UMMI sendiri dibackup dua kali dalam satu hari.

Proses backup otomatis ini menggunakan crontab dari linux (debian), adapun tutorial membackupnya bisa dilihat dipostingan ini:

Berikut adalah srcreenshoot hasil backup otomatis dari databse SIAK Kampus UMMI:
Screenshoot hasil backup otomatis database SIAK UMMI

Dengan dilakukannya proses backup otomatis ini, saya selaku penanggung jawab utama keamanan database dan sistem di Kampus UMMI merasa sangat terbantu, sehingga yang perlu saya lakukan hanyalah proses backup database ini secara online.

Sekian informasi terkait proses backup database SIAK Kampus UMMI, semoga bermanfaat dan semoga menjadi contoh bagi yang saat ini belum melakukan pencadangan otomatis terhadap basis datanya.

0 Response to "Database SIAK Kampus UMMI Dibackup Otomatis Sehari Dua Kali"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel