Usable RAM

Mengapa Usable RAM Berbeda dengan RAM yang Terpasang



Isi artikel Usable Memori RAM

Penjelasan tentang Usable memori, Usable RAM, usable memori berbeda, usable ram tidak full, usable memori 32bit dan 64bit, usable memori lebih kecil, menambah usable ram, naikkan usable memori, what is usable memory, usable memory, increase the usable memory, what is usable memory, explanation of usable RAM, memory address, addressing space on 32bit/64bit.Artikel ini adalah bagian dari  artikel-serial tentang Usable Memory (RAM).
  1. Usable RAM (-1). ...... artikel ini.
  2. Usable RAM - 2 --> Penjelasan lain tentang Usable RAM. 
  3. Hardware Reserved. --> Mengapa Usable RAM lebih kecil dari RAM terpasang ?  
  4. Menambah Usable RAM. --> Bisakah Usable RAM ditingkatkan ? Bagaimana caranya ? 
  5. Menambah Free RAM. --> Mana lebih penting ? Usable RAM atau Free RAM ?

Problem Usable RAM

Gambar-1 adalah gambaran status penggunaan RAM didalam operasional Windows. Anda bisa menemukan gambar seperti ini dalam layar Resource Monitor pada Windows 7.
bahwa yang disebut [Usable RAM] adalah [Total RAM] "dikurangi" [Hardware Reserved].
Apa yang dimaksud Hardware Reserved ? Hardware Reserved adalah bagian dari RAM dan/atau Address Space yang disediakan untuk hardware yang ada didalam sistem PC. Lebih jelas silahkan membaca artikel Hardware Reserved - link ada diatas.

Banyak pertanyaan yang muncul tentang Usable RAM yang lebih kecil dibanding RAM yang terpasang, a.l : Saya memasang 4GB RAM, mengapa Usable RAM hanya 2,9GB ? atau Saya tambah RAM 2GB menjadi 4GB, mengapa Usable RAM-nya bukan 4GB ? Tentu masih banyak pertanyaan senada yang timbul.

Banyak yang bisa menjawab dengan singkat & tepat, yaitu karena menggunakan OS Windows versi 32bit. Jawaban ini memang benar, tetapi masih bisa dikembangkan agar permasalahannya menjadi jelas, dan agar tidak memicu tindakan salah langkah dalam menyikapinya.
Pertanyaan yang mesti dijawab adalah " Ada apa dengan Windows 32bit, mengapa hal ini tidak terjadi pada Windows 64bit ?"

Menjelaskan Memory-mapping (pemeta-an/peng-alamatan memori) bukan hal yang mudah karena menyangkut banyak hal yang teramat teknis tentang pengalamatan-memori (memory addressing).
Berikut akan saya coba menjelaskan dengan singkat & sederhana, semoga bisa menjelaskan "misteri Usable RAM" ini  :)

Virtual Address Space

Agar memori (RAM) bisa digunakan oleh sistem operasi (Windows), maka RAM tsb.haruslah diberi "alamat" atau Address. Dengan adanya alamat untuk setiap ruang memori, maka RAM bisa "eksis", dan berfungsi sebagai Ruang Transit (Transportasi) Data (I/O Space). Tanpa adanya address ini, tentu ruang memori tidak akan bisa ditemukan untuk kemudian digunakan oleh sistem operasi (Windows).

Berapa banyak Address ini tersedia ?
  • Pada Windows 32bit tersedia sebanyak 2^32 bit (2 pangkat 32) = 4 milyar bit lebih (=4GB).
  • Pada Windows 64bit tersedia sebanyak 2^64 bit , silahkan hitung sendiri, kalkulator saya error  :)

Diagram atas : kotak Abu-abu + kotak Hijau adalah Address Space pada Windows 32bit.
  • Besar kapasitasnya adalah = 4GB. Dan ini tidak bisa diubah dengan cara apapun.
  • Kotak Abu-abu adalah bagian dari Address Space yang digunakan untuk Hardware Addresses (alamat hardware), bagian ini sering disebut dengan "Hardware Reserved", silahkan membaca artikel tsb. Sistem selalu mendahulukan hal ini dibanding kepentingan Windows, dan Windows sendiri tidak bisa mencegah penggunaaan (alokasi) Address untuk Hardware ini. Sebab peng-alokasiannya dilakukan sebelum Windows di-load.
  • Ukuran kotak Abu-abu (hardware reserved) tergantung jumlah (dan spesifikasi) hardware yang ter-integrasi dalam sistem.
  • Kotak Hijau di belakangnya adalah "sisa" Address Space (4GB dikurangi Abu-abu) yang bisa digunakan untuk Address Memori Sistem (RAM). Tentu saja "sisa" address ini sudah kurang dari 4GB (pada Windows versi 32-bit).
Diagram tengah : kotak Hijau adalah simbol modul RAM (4GB) yang terpasang.
  • Jika ditarik garis lurus keatas, tampak bahwa kotak Hijau ditengah (RAM 4GB) tidak bisa ditampung oleh kotak Hijau Atas.
  • Ada bagian yang harus ditampung dalam kotak Orange, padahal kotak Orange sebenarnya "tidak ada".
  • Dalam bahasa sistem, dikatakan : "Pada versi 32bit, RAM 4GB akan dialamati (mendapat jatah alamat) sebanyak 4GB dikurangi kebutuhan Hardware-address (Hardware Reserved)."
  • Sebagai contoh : jika Hardware Reserved butuh 750MB, maka ruang-memori/RAM (4GB) yang kebagian alamat adalah 4GB - 750MB = 3,25GB.
  • Angka 3.25GB inilah yang disebut Usable RAM.
  • Sedang "sisa"-nya yang 750MB "masuk" ke kotak Orange alias
    1. tidak kebagian Alamat (address). Karena tidak punya alamat, ya gak bisa ditemukan; dan karena gak bisa ditemukan ya gak bisa dimanfaatkan   :), atau ..
    2. sudah di "sita" (digunakan) oleh hardware sebagai buffer memory dll. Karena sudah ada yang menggunakan (hardware), ya tidak bisa dipakai oleh sistem operasi.
    Note : untuk mengatasi hal ini, Intel (juga AMD) telah membuat Processor yang sudah dilengkapi dengan fitur PAE (Physical Address Extension), agar bisa membaca ruang memori di atas 4GB pada OS 32bit. Itupun hanya untuk hal tertentu. Tentang PAE ada di artikel Hardware Reserved (link di paragraf atas).
Diagram bawah : kotak Abu-abu + Hijau + Kuning adalah Address Space pd Windows 64bit.
  • Memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibanding versi 32bit (diagram atas).
  • Kotak Abu-abu adalah Hardware Addresses Space (hardware reserved), sama halnya seperti diagram paling atas.
  • Kotak Hijau dibelakangnya adalah Address Space untuk RAM 4GB. Jika ditarik garis lurus keatas, tampak bahwa kotak Hijau ditengah (RAM 4GB) seluruhnya bisa ditampung oleh kotak Hijau Bawah, bahkan masih ada sisa Addres Space yang besar yaitu kotak Kuning.
  • Dalam bahasa sistem, dikatakan : "Pada versi 64bit, seluruh kapasitas RAM 4GB akan mendapatkan Address (kebagian alamat)", --- sebab "stock-alamat"-nya amat banyak ---, sehingga seluruh ruang-memori (RAM) bisa di-alamati dan kemudian dimanfaatkan.
  • Kotak Kuning adalah "sisa" Address yang bisa digunakan untuk memberi alamat bagi RAM baru yang ditambahkan. Jumlah address ini masih amat-sangat besar. Secara teoritis bisa ditambahkan RAM berapapun, tetapi pada prakteknya dibatasi oleh beberapa hal, antara lain oleh edisi Windows yang digunakan. Edisi Windows Starter (Edition) akan berbeda dengan Windows Ultimate Edition.

0 Response to "Usable RAM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel