Cara Merubah Format dan Kualitas Video dengan Mudah


Cara Merubah Format dan Kualitas Video dengan Mudah - Hallo gus, kali ini saya akan membahas tentang cara merubah format dan kualitas video dengan mudah. Hal ini mungkin akan berguna jika kamu sedang ingin memperkecil kualitas video atau merubah formatnya agar bisa di putar di Android maupun di Burn ke DVD/CD.

Video memanglah salah satu jenis media hiburan yang sangat menarik sama seperti Musik, namun video memberikan kesenangan dan kenyamanan sendiri bagi penontonnya karena memberikan tontonan berupa gambar dan musik yang beragam didalamnya. Tidak sedikit juga orang yang lebih memilih video sebagai media untuk mendengarkan musik. Karena dengan video kita tidak hanya menikmatinya menggunakan pendengaran namun juga penglihatan.

Mungkin beberapa dari kalian pernah mengalami suatu masalah saat memutar video seperti format tidak didukung, file video terlalu besar, atau masalah lainnya. Terkadang memang seperti itu, apalagi di perangkat PC atau Android yang belum terinstall software tambahan. Video memiliki banyak jenis format dalam kualitasnya seperti MP4,3GP,MKV,AVI,FLV, dan lain lainnya.

Format video umum yang biasanya dapat diputar langsung pada PC dan Android adalah MP4 atau 3GP sedangkan untuk MKV terkadang beberapa PC dan Android harus menginstall Software tamabahan untuk memutarnya karena formatnya tidak didukung. Ada juga untuk jenis video yang akan di Burn ke dalam CD atau DVD harus menggunakan format AVI atau kalau tidak maka tidak bisa diputar di DVD kalian.

Untuk mengatasi beberapa masalah diatas kamu perlu untuk mengubah format video yang ingin kamu tonton dengan format yang sudah didukung oleh media pemutar yang akan digunakan. Untuk mengubah format dari sebuah video kamu bisa menggunakan software yang bernama Format Factory. Software ini tersedia gratis untuk windows dan cukup ringan untuk digunakan.

Penasaran dengan cara penggunaan software Format Factory untuk mengubah format video?. Yukk simak langkah-langkah yang akan saya jelaskan dibawah ini.

Cara mengubah format dan kualitas video dengan mudah

1. Install software Format factory,, jika kamu belum memilikinya silahkan unduh disini
2. Setelah menginstall software tersebut, silahkan buka Format Factory. Tampilan awalnya akan seperti ini


3. Kemudian silahkan pilih akan dirubah ke format manakah video yang akan sobat pilih nanti. Disini saya akan memberi contoh merubah format video MP4 ke MKV.


4. Silahkan  klik Add file untuk menambahkan file videonya.


5. Kemudian Cari file video yang akan dirubah formatnya.


6. Setelah itu file yang sudah kamu pilih tersebut akan tampil pada tabel kosong . Disini kamu tidak hanya bisa memasukkan 1 file video saja namun bisa beberapa file sekaligus. Jika sudah cukup memasukkan filenya silahkan klik OK.


7. Kemudian di tabel tampilan awal format factory akan terisi denga file video yang sudah kamu masukkan lagi. Jika sudah siap untuk memulai proses perubahan format atau Converting maka kamu bisa langsung klik tombol Start.


8. Setelah proses convert selesai kamu bisa langsung melihat hasil dari videonya dengan mengklik Output Folder. Folder ini merupakan sebuah folder dimana hasil convert dari Format Factory akan disimpan. Kamu nanti bisa merubah lokasi dari Output folder ini sesuka hati dari menu setting di Format factory.


9. Bisa kamu lihat disana pastinya sudah ada file video yang sudah berubah formatnya sesuai dengan yang kamu pilih pada format factory tadi. Dengan begitu kamu sudah berhasil mengubah format video.



Nah seperti itulah cara merubah format dan kualitas video dengan mudah, silahkan kamu praktekan, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih

0 Response to "Cara Merubah Format dan Kualitas Video dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel